Cara Menghemat Baterai Android Agar Tetap Awet dan Tidak Boros!

Cara Menghemat Baterai Hp Agar Awet dan Tidak Boros-Android telah menjadi sebuah perangkat yang sudah tidak dapat lagi dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Perangkat pintar seakan telah menjelma sebagai kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang. Namun, bagaimana jadinya jika baterai ponsel yang Anda gunakan boros? tentu hal ini akan membuat anda merasa jengkel,apalagi jika baterai android cepat habis padahal tidak digunakan. 


Penyebab baterai android bocor disebabkan beberapa faktor yang mungkin tidak anda ketahui. Lalu bagaimana cara  menghemat baterai agar awet? Berikut ini beberapa tips cara menghemat baterai android agar tidak boros dan tahan lama.

BACA JUGA:✓Cara Menyambungkan Keyboard Komputer di Tablet & Android

Cara Menghemat Baterai Android yang Boros


1. Periksa Aplikasi Berjalan

Salah satu kelebihan android adalah sistem operasinya sangat terbuka tentang berbagai informasi yang penting bagi penggunanya. Salah satunya adalah dengan mengetahui aktivitas penggunaan baterai. Anda dapat melihat daftar aplikasi apa saja yang paling banyak menghabiskan daya baterai. Untuk melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang Anda bisa pergi ke pengaturan ,kemudian pilih baterai dan lalu ke penggunaan baterai untuk sebagian ponsel biasa nya akan menampilkan berapa banyak persen baterai yang digunakan aplikasi tersebut.


2. Hentikan Multitasking

Multitasking adalah membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, tujuannya agar dapat menghemat lebih banyak waktu. Semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, maka akan semakin besar pula daya baterai yang akan digunakan. Jika aplikasi tidak tersebut tidak terlalu penting, sebaiknya Anda mematikan nya.


3. Kecerahan Layar

Layar merupakan salah satu bagian yang paling banyak mengonsumsi baterai ponsel.Agar baterai ponsel tetap awet,jangan gunakan kecerahan otomatis setel kecerahan ke manual saja.Karena jika semakin terang cahaya yang keluar pada layar android, maka akan semakin banyak daya baterai yang digunakan.


4. Matikan Sinyal Radio 

Beberapa fitur pada android seperti sinyal radio akan memakan banyak daya baterai.Sinyal radio seperti NFC, GPS, Wi-Fi, dan lain-lain. Karena ada beberapa aplikasi saat ini meminta Anda untuk mengaktifkan GPS.Karena hampir setiap aplikasi saat ini meminta Anda untuk mengaktifkan GPS. Sistem Pemosisi Global atau GPS di beberapa aplikasi akan terus berjalan meskipun Anda tidak menggunakan aplikasi tersebut. Jangan lupa mematikannya jika tidak digunakan. 


5. Matikan Push Notifications 

Notifikasi juga menjadi salah satu yang memakan daya baterai. Pastikan notifikasi dihidupkan hanya dari aplikasi yang menurut Anda penting. Jika notifikasi tersebut tidak penting sebaiknya bersihkan.


6. Hapus Cache

Salah satu yang berperan besar dalam menguras baterai Android Anda adalah layanan Google Play. Namun, Anda tidak perlu  menghapus beberapa aplikasi google,sebab Google Play berperan penting sebagai saluran komunikasi antara aplikasi dan sistem. Anda dapat mengurangi penggunaan baterai android anda dengan membuka pengaturan Menu> Aplikasi> Semua> layanan Google Play dan kemudian menekan opsi hapus cache. 


7. Matikan Auto Sync 

Sinkronisasi otomatis merupakan aplikasi yang pasti akan membutuhkan koneksi internet. Oleh sebab itu, sebaiknya matikan sinkronisasi otomatis agar tidak menghabiskan terlalu banyak daya dan koneksi internet. 


8. Gunakan Mode Hemat Daya

Android saat ini sudah dilengkapi dengan mode hemat daya.Dengan mode ini, ponsel Anda secara otomatis akan memilih aktivitas apa saja yang tidak ingin dijalankan. Biasanya yang akan dilakukan adalah menghapus animasi di aplikasi, menonaktifkan sinkronisasi berjalan di latar belakang,menurunkan kecerahan layar serta mematikan layanan lokasi. 


9. Streaming 

Melakukan Streaming secara online dapat menghabiskan daya baterai jika Anda terus-menerus tersambung.  Sebaiknya gunakan pemutar musik atau video offline untuk menghemat baterai android Anda.Aplikasi seperti YouTube dan Spotify memiliki fitur offline yang bermanfaat.


10. Merawat Baterai 

Kunci terakhir agar baterai tetap awet adalah dengan cara merawat baterai android.Selain cara diatas tips terakhir selanjutnya,usahakan jangan melepas ponsel dari charger jika baterai belum mencapai 90%, dan segera lakukan pengisian daya baterai ponsel diatas 10% jangan sampai baterai Anda di bawah 10%.

BACA JUGA: ✓Cara Membuat Spotify Wrapped 2020 dan Upload di Medsos

No comments for "Cara Menghemat Baterai Android Agar Tetap Awet dan Tidak Boros!"